Pengikut

RSS

Perbedaan Komputer

Jenis komputer
a. Komputer Generasi Pertama
b. Komputer Generasi Kedua
c. Komputer Generasi Ketiga
d. Komputer Generasi Keempat
e. Komputer Generasi Kelima

Perbedaan antar Jenis Komputer diatas
A. Komputer Generasi Pertama
Ditemukan pada tahun 1943. Komputer ini pada awalnya kalkulator atau alat hitung berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. Alat merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks. Komputer generasi pertama ini memiliki ciri-ciri penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dn silinder magnetik untuk penyimpanan data.


B. Komputer Generasi Kedua
Dikembangka pada tahun 1948. Bentuk secara fisik megalami penurunan peningkatan yang sangat derastis, hal ini karene ditemukannya transistor yang digunakan sebagai pengganti tube vakum pada Komputer, dan juga telah menggunakan inti-magnetik membantupengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya. memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory.
Dan pada generasi ini juga mulai ditemukan bahsa pemrograman COBOL, FORTAN. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia


C. Komputer Generasi Ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal Komputer. Karena hal diatas para peneliti pada tahun 1958 mengintegrasikan IC, IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa yang dapat mengatsau masalah tersebut.
Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan
mengkoordinasi memori komputer.


D. Komputer Generasi Keempat
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982, dan juga pada Generasi ini mulai dikenalkan computer jaringan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

lebih baik disajikan lebih mendetail lagi

Aries Susanto mengatakan...

thank's info'a

Posting Komentar